Saturday, December 11, 2010

Multimedia


Multimedia pada umumnya dipahami oleh sebagai orang sebagai suatu fasilitas atau tingkat pencapaian teknologi pada Personal Compuer (PC). Sebuah PC dikatakan multimedia apabila dilengkapi dengan berbagai media tambahan atau interface sehingga PC tersebut memiliki kemampuan tidak hanya menampilkan teks atau gambar saja tetapi juga suara dan gambar bergerak (video/animasi) serta mampu melakukan komunikasi dengan PC atau media yang lain.


Dari penjelasan di atas di bawah ini beberapa pengertian multimedia yang banyak dipahami secara umum :

“Multimedia adalah penggunaan PC untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.”

3. Apakah Sistem Multimedia ? 
• Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya daripada media tabel dan grafik konvensional. 
• User dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak, atau animasi, dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau musik. 
• Citra visual dapat dimasukkan ke dalam sistem dari paket perangkat lunak yang menggabungkan digital, dan dari kamera video, pita dan piringan video, dan scanner optik. 
• Input Audio dapat dimasukkan melalui mikrofon, pita kaset, dan compact disc. 
• Output visual dapat ditampilkan di layar komputer dan di monitor televisi Yang tersambung. 
• Output audio dapat disediakan oleh alat output suara, speaker stereo, Dan headset.

Perangkat yang mendukung multimedia sebuah komputer ? Berikut adalah perangkat-perangkat yang dibutuhkan :
  1. Perangkat lunak / aplikasi multimedia.
    Perangkat lunak ini digunakan untuk menjalankan fungsi multimedia pada komputer. Contoh perangkat lunak untuk multimedia adalah Windows media player yang dapat digunakan untuk menjalankan CD atau DVD pada komputer kita.
  1. CD / DVD ROM
Digunakan untuk memutar berbagai jenis CD, VCD dan DVD.
  1. Sound Card
Sound card (kartu suara) adalah perangkat yang terhubung pada papan induk (motherboard) yang berfungsi sebagai alat untuk mengolah dan mnegontrol suara, baik suara yang masuk (merekam) dan suara yang keluar melalu speaker. Hal ini dimungkinkan karena pada sound card terdapat masukan (Line in, Mic dan MIDI) serta keluaran (line out/speaker out).
  1. Kartu grafis (Graphic Card / Display Adapter)
Kartu grafis merupakan perangkat yang terhubung langsung di papan induk komputer yang berfungsi untuk mengolah citra (gambar) agar mempunyai kualitas yang baik. Saat ini kartu grafis yang sering digunakan adalah kartu grafis yang menggunakan teknologi AGP (Accelerated Graphics Port).
  1. TV Tuner
TV Tuner merupakan perangkat yang memungkinkan komputer untuk menangkap siaran televisi dan menampilkannya pada layar monitor. TV Tuner biasanya berupa kartu (card) yang dipasang pada card expansi. Tapi ada juga TV Tuner External yang dipasang di luar komputer, bahkan bisa langsung dihubungkan ke monitor.
  1. Speaker
Speaker (pengeras suara) merupakan perangkat output untuk menghasilkan suara. Contohnya headset.
- Sistem Multimedia adalah sistem yang mampu memproses data multimedia dan aplikasinya. Sistem multimedia dikarakteristikan berdasarkan : prosesing, penyimpanan,pembangkitkan,manipulasi.
-  Karakteristik Multimedia : Computer controlled,Integrated,Digital,Interactive.
- Komponen Sistem Multimedia : Capture device,storage device,communication networks,conputer systems,display

- Aplikasi Multimedia

1.Text

Text terdiri dari hypertext dan hypermultimedia.
A.Hypertext
Hypertext adalah sebuah text yang berisi link yang terhubung ke text lain.

B.Hypermultimedia
Hypermultimedia adalah gabungan dari multimedia(text,grafik,image,atau pun sound) yang berisi link yang terhubung ke multimedia lain

2. Grafis


objek yang terbuat dari penggabungan garis,poligon,lingkaran,kurva,dan titik. Grafik dibagi menjadi grafik vektor dan grafik bitmap.
3. Image 


gambar tidak bergerak dalam grid of pixel. Terdiri dari beberapa color (black and white,grey scale,sepia,true color)
 4.Audio
Audio Dalam sistem komunikasi bercirikan suara, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Audio dibagi menjadi 3macam,yaitu:

A. Audio visual Perangkat soundsistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi, home theater, dsb.

B. Audio Streaming istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan liquid radio.

C. Audio Modem Riser Sebuah kartu plug-in untuk motherboard Intel yang memuat sirkuit audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang dipelukan untuk operasi modem dan atau audio.
5.Video
Video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak

6.Animasi
Animasi adalah menghidupkan gambar. Kita butuh tau detail karakter animasi yang akan kita buat, dari posisi (tampak depan,belakang,samping,dan 3/4), ekspresi (marah,senyum,sedih,dll), posisi karakter saat duduk,bergerak,atau berlari.


No comments:

Post a Comment

yuk comment