Saturday, April 14, 2012

spk 2: Management Syura

maka berbahagialah

syura adalah instrumen dari suatu wajihah dengan tujuan memberikan masukan-masukan, ide yang membangun yang akan mepererat ikatan hati dari orang-orang yang terlibat didalamnya dimana di dalamnya terdapat ruhiyah yang ON lillahi ta'ala.

hakikatnya pertemuan-pertemuan yang telah disepakati itu pun harus karena Allah, dengan berlandaskan pada kecintaan yang besar terhadap Allah SWT. kualitas itu pun akan muncul kalau niatannya pun bener. :)
akan muncul dinamisasi yang terkontrol dengan ruhiyah yang terjaga adalah menjadi bagian yang sangat penting.

terdapat 9 indikator dalam pelaksanaan syura:
  1. harus ada keikhlasan dan spritual yang kental
  2. harus ada semangat kebebasan untuk berpendapat
  3. harus ada tradisi ilmiah yang kokoh
  4. harus menerima keputusan syura yang telah disepakati
  5. management waktu yang efektif
  6. harus ada semangat instropeksi yang cukup
  7. harus ada sikap natural yang panjang
  8. harus ada sikap proporsional terhadap suatu konspirasi
  9. pandangan masa depan yang visioner, input,  sedangkan output muncul di masa yang akan datang.
semangat berhablumminannas dengan saudara-saudara kita, khususnya dalam syura.
syukran jiddan.
wallahu 'alam bishawab

Friday, April 13, 2012

SPK 1: Etika pergaulan Laki-laki dan Perempuan

spk (2/4/12)

An-Nur: 51
"Mukmin yang sesungguhnya akan selalu siap mengikuti seruan Allah dan Rasulnya, tidak ada kata yang terlontar dari lisannya kecuali sam'na wa atho'na"

temen2, sedikit mau share,

ketentuan umum dalam pergaulan:
tidak melakukan perbuatan yang mendekatkan seseorang kepada zina (Al-Isra:32)

ketentuan khusus dalam pergaulan:

  • menundukkan pandangannya (An-Nur:30-31)
perbuatan-perbuatan yang mendekati zina itu bermula dari pandangan kita lo. di mulai dari pandangan, senyuman, pembicaraan, janjian, dan pertemuan dengan menggarisbawahi niat yang melenceng. so hati-hati dengan pandangannya ya. :)
  • menutup aurat (Al-Ahzab:59)
  • menjaga jarak
"dan apabila kalian meminta sesuatu kepada mereka (para wanita) mintalah dari balik hijab" (Al-Ahzab:59)
  • tidak berdua-duaan
  • tidak berkata-kata yang menggoda (Al-Ahzab:32)
  • tidak mengenakan parfum yang berlebihan
  • over make up
pilih yang mana? :)

semoga bermanfaat. :)

Suplemen Kaderisasi (spk)


bismillahirrahmanirrahim
Suplemen kaderisasi adalah salah satu program kerja kaderisasi L-Syami dimana di dalamnya akan di bahas tentang Islam, kehidupan, dll :)
intinya sih menambah tsaqafah kita :)
bentuknya seperti kajian, dan dalam bentuk diskusi mini.
sepele sih orang-orang melihatnya. tapi, subhanallah. :)
alhamdulillah selalu bisa tasqif, nambah ilmu pengetahuan.
"maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan".

syukran jiddan, buat temen2 kaderisasi yang sudah memfasilitasi kita-kita yang haus ilmu ini. semoga amalannya menjadi bekel ya utk akhir kelak. amin :)

bersyukur. alhamdulillah. :)

PCE 10-01

masuk kuliah.!!!
:) PCE 10-01

gak ada kepikiran bakalan ketemu orang-orang yang istimewa di kelas ini. (:))
rame, koplak, rajin, semangat, kompak, dll.

sedikit gambaran tentang kelas ini (kelasnya ane lo :D)
sudah dua tahun berjalan.
terpisahkan (kelas) dengan temen-temen yang lain.
sedih? YAAA

bakalan rindu pastinya. sama banyolan-banyolan anak-anak yang wiww.
sepenggal moment PCE 10-01:

PCE 10-01

pak KM yang rindu dengan kita-kita

Pak Heru yang selalu stay bantuin kita-kita (plus curhat)

kekompakan yang keren euy

belajar bareng-bareng :)

maskeran bareng-bareng :)

tanding futsal & cheerss :)

foto bareng :)

narsis bareng :)

:D

nge-boy band :)


ber-bingung-bingung bareng

jalan-jalan bareng :)

keluarga kecil yang luar biasa. yang semangat yah temen-temen kuliahnya. biar ntar kita pakai toga bareng-bareng. :) amin.
maaf ya, kalau misalkan selama ini kurang bareng-bareng sama temen-temen. :)
tapi yang pasti, PCE 10-01 punya ruang tersendiri di hati ini.

tetep gandengan tangan walaupun gak fisiklii... :)
semoga hati-hati kita disatukan sama Allah Tuhan Yang Maha Esa. :) Amin

sekecil dan sebesar apapun itu


seberat apapun masalah yang aku, kamu, dan kalian hadapi saat ini, hakikatnya bentuk sayang-Nya Allah terhadap kita.

justru ketika lempeng-lempeng aja, seharusnya kita harus instropeksi diri apa ada yang salah dengan kita?. maka berhusnudzanlah terhadap apa yang diberikan.

sekecil apapun itu dan sebesar apapun itu.?

bukankah nikmat Allah itu begitu luar biasa.?
fabi ayyi 'ala 'irabbikuma tukadziban, maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan.
faiina ma'al 'usri yusra, maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.

kalau katan MR ane, maka bersyukurlah untuk segala amanah yang Allah berikan kepadamu ukhtifillah. karena orang-orang mempercayaimu.

keep istiqamah.
BISA! :)

Thursday, April 12, 2012

karena sabar tiada batas

bismillahirrahmanirrahim

"idih gw tuh kesel banget ya sama dia, ngeselin tau!!!". mungkin saya, atau temen" lainnya juga pernah ngerasain perasaan ini.
lumrah kalau katanya saya, hhe. karena manusia tempatnya salah. tapi seberapa sering kata maaf yang akan kita ucapkan ke saudara-saudara kita?
terus kapan belajar jadi baiknya?

yo yo, kita flash back tentang kejadian-kejadian yang pernah terjadi di kehidupan kita. weits, tapi tunggu dulu ni, saya tulis kaya gini, juga jadi pembelajaran buat saya ya. (:D).

x: kamu lagi bad mood ya? :)
y: hehh. (dengan nada rendah)
x: ada yang bisa x bantu gak y? mungkin x bisa bantu.
y: hehh, diem ya. gw tu lagi kesel. lo gak usah ikut campur urusan gw!!!

yah, ini sedikit contoh, dan masih banyak contoh" lainnya yang saudaranya "terciprat" amarahnya. maka, seperti pepatah "seluas apakah hati kita?"

jleb. ini sebenarnya teguran buat saya juga yang terkadang bahkan sering belum bisa menempatkan "the right man on the right place".
teruntuk saudara-saudara saya yang mungkin pernah tersakiti hatinya, saya minta maaf ya.
semoga ini bisa jadi pelajaran buat kita semua untuk bisa menempatkan diri, menjaga kesabarannya, dan tidak mencipratkan kekesalan kita kepada orang-orang di sekitar kita.  dan sesungguhnya batas kesabaran adalah kematian.
walahu'alam bishawab.

Tuesday, April 10, 2012

Bagaikan Kunang



kecil-kecil tapi bersinar. keren ya.
siapa yo yang gak tau kunang-kunang? hewan kecil yang bersinar di malam hari. :) matahari kalii.
weits bukan bukan.

sedikit sharing yang ane ambil dari salah satu website

Kunang-kunang bersinar bahkan ketika mereka masih berupa larva kecil. Kedipan kepucatan mereka, cahaya kapur bertindak sebagai peringatan bagi pemangsa.

Cahaya ini merupakan hasil pencampuran oksigen, pigmen yang disebut luciferin. Enzim luciferase, bahan kimia yang disebut adenosin trifosfat (ATP) adalah yang menyediakan sel energi, menurut peneliti Harvard Medical School.

Kristal asam urat, yang terletak di sel-sel bisa diaktifkan untuk membuat cahaya, bertindak sebagai lapisan reflektif dan bersinar dari seluruh badan serangga.

Namun, pola kedipan perut kunang-kunang itu tetap menjadi misteri, di mana ilmuwan tidak yakin apakah pola ini dikendalikan oleh sel-sel saraf serangga atau suplai oksigen.

Tetapi para ilmuwan tahu apa guna kedipan itu. Kunang-kunang dewasa mengeluarkan sinyal cahaya terputus-putus untuk menarik perhatian pasangan di masa depan.

ayo ayo, ibrah apa yang bisa kita ambil? cekidot. kita list ya.
  1. ketika masih kecil saja, kunang-kunang sudah bercahaya, walaupun belum maksimal. so, sebagai mukmin kita harus terus mengupgrade diri. dengan cara apa? banyak kok. contohnya datang kalau ada kajian, ketika diingatkan saudaranya dengar, rasakan, & berubah menjadi lebih baik (ane juga masih belajar :)), dan masih banyak lagi
  2. kunang-kunang itu punya senjata lo. cahayanya itu. ".. sebagai peringatan bagi mangsa". so, kita juga punya senjata yaitu iman kita. iman kita inilah yang akan menjadi cahaya bagi diri kita masing-masing. so, di bina dan membinalah.
  3. kunang-kunang itu indah dengan kepribadiannya yang unik. yaa kita bisa ambil hikmah. bahwa seorang muslim itu kepribadiannya indah dengan akhlak2nya yang terpuji.
semoga bermanfaat dan terus memperbaiki diri. amin
wallhualam bishawab

http://www.inilah.com/read/detail/648221/apa-yang-membuat-kunang-kunang-menyala/

Monday, April 9, 2012

Presentasi Efektif dalam Mentoring


"Mereka itu adalah orang-orang yang (sesungguhnya) Allah mengetahui apa yang ada di dalama hatinya. karena itu berpalinglah kamu dari mereka, dan berilah mereka nasihat, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang membekas pada jiwanya." (QS. An-Nisa:63)

"Sesungguhnya terdapat sihir dalam setiap pidato" (HR. Bukhari)

presentasi seperti apa yang dibutuhkan ketika ingin menyampaikan materi mentoring kepada mentee nya masing-masing?

berikut ini terdapat sedikit ilmu yang bisa diaplikasikan ke lingkaran mentee:
  1. niatkanlah, impikan bahwa mentee ini akan menjadi orang besar, jadi akan membuat mentor semakin bersungguh-sungguh ketika menyampaikan materi mentoring yang diberikan
  2. dakwahilah mentee dari "dalam" (yang tidak kelihatan). contoh: condong pada keimanan, keyakinan tentang Al-Qur'an, dll. utk yang "luar" (tampak), contoh: kerudung, dll. bisa dilakukan di akhir (belakangan), yang penting ia mau belajar dan ingin tau Islam lebih dari yang lain
  3. Hidangkan materi-materi mentoring dengan mengaitkan kisah-kisah nabi, sahabat, sirah shahabiyah, dll agar menyentuh langsung ke hati
  4. iringilah dengan perkataan yang penuh dengan keimanan (ruhiyah yang terus tercharge)
  5. bersabarlah ketika Allah memberikan cobaan kepada mu wahai mentor, karena kita butuh proses.

Sunday, April 8, 2012

Ijab Kabul 1: Kesuksesan Hakiki


suksesnya dari setiap individu adalah berbeda-beda.  contohnya adalah sukses dapat pacar, sukses dengan uang yang banyak, mati syahid, atau apapun itu. tapi sebenarnya sukses yang hakiki itu seperti apa?

ok, kita akan melist sukses nya dari individu x yang masih kuliah.
ia ingin sukses dengan ipk cum laude: tercapai
berarti setelah cum laude, apa ia masih ingin sukses cum laudekah? (asumsi tidak melanjutkan kuliah). final, ia punya impian sukses-sukses yang lain bukan?
berarti bukan sukses hakiki inilah yang kita inginkan.

mungkin disini, saya akan mereview atas materi yang telah di dapat, semua akan setuju jika sukses hakiki itu adalah:
1. Meraih syurganya Allah
2. mati dalam keadaan khusnul khatimah

sukses cum laude, sukses masuk ke perusahaan besar, atau apapun itu adalah termasuk ke dalam anak tangga menuju kesuksesan hakiki. karena kesuksesan hakiki itu akan di tempuh dengan anak-anak tangga kesuksesan yang kecil tadi (kebaikan).

karena hakikatnya proses itu adalah kesuksesan, setuju? ya, saya pun sangat setuju. bukan destination nya tapi journey nya.

dan orang yang tidak ingin melangkah tidak akan mencapai kesuksesannya. :)
semangat bersukses ria dengan cara-cara kebaikan dan cara-cara terbaik Anda. Semangat!

lingkaran Ini

ya Allah jika suatu hari kelak akan dipisahkan, insya Allah, aku akan tsiqah dengan para qiyadah atas keputusan ini. seberapa lama, dan seberapa yakin, bukan karena dengan siapa kita mengupgrade diri, tapi bagaimana kita belajar dan menyikapi dari setiap apa yang diberikan kepada kita bukan?


aku,
dia, dia, dia, dia, dia.
mungkin saja akan dipisahkan, tapi yang pasti Allah tidak akan memisahkan hati-hati ini.
ya Allah, tak henti-hentinya aku bersyukur atas segala nikmat ini, salah satunya berada di lingkaran ini.

segalanya itu akan bermula dari lingkaran kecil ini.
salam perjuangan untukmu ukhti, pejuang dakwah yang tetap istiqamah mengarungi jalanan yang penuh ranjau ini.

:)