Skip to main content

Posts

Showing posts from April, 2012

spk 2: Management Syura

syura adalah instrumen dari suatu wajihah dengan tujuan memberikan masukan-masukan, ide yang membangun yang akan mepererat ikatan hati dari orang-orang yang terlibat didalamnya dimana di dalamnya terdapat ruhiyah yang ON lillahi ta'ala.

hakikatnya pertemuan-pertemuan yang telah disepakati itu pun harus karena Allah, dengan berlandaskan pada kecintaan yang besar terhadap Allah SWT. kualitas itu pun akan muncul kalau niatannya pun bener. :)
akan muncul dinamisasi yang terkontrol dengan ruhiyah yang terjaga adalah menjadi bagian yang sangat penting.

terdapat 9 indikator dalam pelaksanaan syura:
harus ada keikhlasan dan spritual yang kentalharus ada semangat kebebasan untuk berpendapatharus ada tradisi ilmiah yang kokohharus menerima keputusan syura yang telah disepakatimanagement waktu yang efektifharus ada semangat instropeksi yang cukupharus ada sikap natural yang panjangharus ada sikap proporsional terhadap suatu konspirasipandangan masa depan yang visioner, input,  sedangkan outp…

SPK 1: Etika pergaulan Laki-laki dan Perempuan

spk (2/4/12)
An-Nur: 51
"Mukmin yang sesungguhnya akan selalu siap mengikuti seruan Allah dan Rasulnya, tidak ada kata yang terlontar dari lisannya kecuali sam'na wa atho'na"

temen2, sedikit mau share,

ketentuan umum dalam pergaulan:
tidak melakukan perbuatan yang mendekatkan seseorang kepada zina (Al-Isra:32)

ketentuan khusus dalam pergaulan:

menundukkan pandangannya (An-Nur:30-31)perbuatan-perbuatan yang mendekati zina itu bermula dari pandangan kita lo. di mulai dari pandangan, senyuman, pembicaraan, janjian, dan pertemuan dengan menggarisbawahi niat yang melenceng. so hati-hati dengan pandangannya ya. :)
menutup aurat (Al-Ahzab:59)menjaga jarak"dan apabila kalian meminta sesuatu kepada mereka (para wanita) mintalah dari balik hijab" (Al-Ahzab:59)
tidak berdua-duaantidak berkata-kata yang menggoda (Al-Ahzab:32)tidak mengenakan parfum yang berlebihanover make up
semoga bermanfaat. :)

Suplemen Kaderisasi (spk)

bismillahirrahmanirrahim
Suplemen kaderisasi adalah salah satu program kerja kaderisasi L-Syami dimana di dalamnya akan di bahas tentang Islam, kehidupan, dll :)
intinya sih menambah tsaqafah kita :)
bentuknya seperti kajian, dan dalam bentuk diskusi mini.
sepele sih orang-orang melihatnya. tapi, subhanallah. :)
alhamdulillah selalu bisa tasqif, nambah ilmu pengetahuan.
"maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan".

syukran jiddan, buat temen2 kaderisasi yang sudah memfasilitasi kita-kita yang haus ilmu ini. semoga amalannya menjadi bekel ya utk akhir kelak. amin :)

bersyukur. alhamdulillah. :)

PCE 10-01

masuk kuliah.!!!
:) PCE 10-01

gak ada kepikiran bakalan ketemu orang-orang yang istimewa di kelas ini. (:))
rame, koplak, rajin, semangat, kompak, dll.

sedikit gambaran tentang kelas ini (kelasnya ane lo :D)
sudah dua tahun berjalan.
terpisahkan (kelas) dengan temen-temen yang lain.
sedih? YAAA

bakalan rindu pastinya. sama banyolan-banyolan anak-anak yang wiww.
sepenggal moment PCE 10-01:















keluarga kecil yang luar biasa. yang semangat yah temen-temen kuliahnya. biar ntar kita pakai toga bareng-bareng. :) amin.
maaf ya, kalau misalkan selama ini kurang bareng-bareng sama temen-temen. :)
tapi yang pasti, PCE 10-01 punya ruang tersendiri di hati ini.

tetep gandengan tangan walaupun gak fisiklii... :)
semoga hati-hati kita disatukan sama Allah Tuhan Yang Maha Esa. :) Amin

sekecil dan sebesar apapun itu

seberat apapun masalah yang aku, kamu, dan kalian hadapi saat ini, hakikatnya bentuk sayang-Nya Allah terhadap kita.

justru ketika lempeng-lempeng aja, seharusnya kita harus instropeksi diri apa ada yang salah dengan kita?. maka berhusnudzanlah terhadap apa yang diberikan.

sekecil apapun itu dan sebesar apapun itu.?

bukankah nikmat Allah itu begitu luar biasa.?
fabi ayyi 'ala 'irabbikuma tukadziban, maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan.
faiina ma'al 'usri yusra, maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.

kalau katan MR ane, maka bersyukurlah untuk segala amanah yang Allah berikan kepadamu ukhtifillah. karena orang-orang mempercayaimu.

keep istiqamah.
BISA! :)

karena sabar tiada batas

bismillahirrahmanirrahim

"idih gw tuh kesel banget ya sama dia, ngeselin tau!!!". mungkin saya, atau temen" lainnya juga pernah ngerasain perasaan ini.
lumrah kalau katanya saya, hhe. karena manusia tempatnya salah. tapi seberapa sering kata maaf yang akan kita ucapkan ke saudara-saudara kita?
terus kapan belajar jadi baiknya?

yo yo, kita flash back tentang kejadian-kejadian yang pernah terjadi di kehidupan kita. weits, tapi tunggu dulu ni, saya tulis kaya gini, juga jadi pembelajaran buat saya ya. (:D).

x: kamu lagi bad mood ya? :)
y: hehh. (dengan nada rendah)
x: ada yang bisa x bantu gak y? mungkin x bisa bantu.
y: hehh, diem ya. gw tu lagi kesel. lo gak usah ikut campur urusan gw!!!

yah, ini sedikit contoh, dan masih banyak contoh" lainnya yang saudaranya "terciprat" amarahnya. maka, seperti pepatah "seluas apakah hati kita?"

jleb. ini sebenarnya teguran buat saya juga yang terkadang bahkan sering belum bisa menempatkan "the right man o…

Bagaikan Kunang

kecil-kecil tapi bersinar. keren ya.
siapa yo yang gak tau kunang-kunang? hewan kecil yang bersinar di malam hari. :) matahari kalii.
weits bukan bukan.

sedikit sharing yang ane ambil dari salah satu website

Kunang-kunang bersinar bahkan ketika mereka masih berupa larva kecil. Kedipan kepucatan mereka, cahaya kapur bertindak sebagai peringatan bagi pemangsa.

Cahaya ini merupakan hasil pencampuran oksigen, pigmen yang disebut luciferin. Enzim luciferase, bahan kimia yang disebut adenosin trifosfat (ATP) adalah yang menyediakan sel energi, menurut peneliti Harvard Medical School.

Kristal asam urat, yang terletak di sel-sel bisa diaktifkan untuk membuat cahaya, bertindak sebagai lapisan reflektif dan bersinar dari seluruh badan serangga.

Namun, pola kedipan perut kunang-kunang itu tetap menjadi misteri, di mana ilmuwan tidak yakin apakah pola ini dikendalikan oleh sel-sel saraf serangga atau suplai oksigen.

Tetapi para ilmuwan tahu apa guna kedipan itu. Kunang-kunang dewa…

Presentasi Efektif dalam Mentoring

"Mereka itu adalah orang-orang yang (sesungguhnya) Allah mengetahui apa yang ada di dalama hatinya. karena itu berpalinglah kamu dari mereka, dan berilah mereka nasihat, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang membekas pada jiwanya." (QS. An-Nisa:63)

"Sesungguhnya terdapat sihir dalam setiap pidato" (HR. Bukhari)

presentasi seperti apa yang dibutuhkan ketika ingin menyampaikan materi mentoring kepada mentee nya masing-masing?

berikut ini terdapat sedikit ilmu yang bisa diaplikasikan ke lingkaran mentee:
niatkanlah, impikan bahwa mentee ini akan menjadi orang besar, jadi akan membuat mentor semakin bersungguh-sungguh ketika menyampaikan materi mentoring yang diberikandakwahilah mentee dari "dalam" (yang tidak kelihatan). contoh: condong pada keimanan, keyakinan tentang Al-Qur'an, dll. utk yang "luar" (tampak), contoh: kerudung, dll. bisa dilakukan di akhir (belakangan), yang penting ia mau belajar dan ingin tau Islam lebih dari yang lainH…

Ijab Kabul 1: Kesuksesan Hakiki

suksesnya dari setiap individu adalah berbeda-beda.  contohnya adalah sukses dapat pacar, sukses dengan uang yang banyak, mati syahid, atau apapun itu. tapi sebenarnya sukses yang hakiki itu seperti apa?

ok, kita akan melist sukses nya dari individu x yang masih kuliah.
ia ingin sukses dengan ipk cum laude: tercapai
berarti setelah cum laude, apa ia masih ingin sukses cum laudekah? (asumsi tidak melanjutkan kuliah). final, ia punya impian sukses-sukses yang lain bukan?
berarti bukan sukses hakiki inilah yang kita inginkan.

mungkin disini, saya akan mereview atas materi yang telah di dapat, semua akan setuju jika sukses hakiki itu adalah:
1. Meraih syurganya Allah
2. mati dalam keadaan khusnul khatimah

sukses cum laude, sukses masuk ke perusahaan besar, atau apapun itu adalah termasuk ke dalam anak tangga menuju kesuksesan hakiki. karena kesuksesan hakiki itu akan di tempuh dengan anak-anak tangga kesuksesan yang kecil tadi (kebaikan).

karena hakikatnya proses itu adalah kesuksesan, se…

lingkaran Ini

ya Allah jika suatu hari kelak akan dipisahkan, insya Allah, aku akan tsiqah dengan para qiyadah atas keputusan ini. seberapa lama, dan seberapa yakin, bukan karena dengan siapa kita mengupgrade diri, tapi bagaimana kita belajar dan menyikapi dari setiap apa yang diberikan kepada kita bukan?


aku,
dia, dia, dia, dia, dia.
mungkin saja akan dipisahkan, tapi yang pasti Allah tidak akan memisahkan hati-hati ini.
ya Allah, tak henti-hentinya aku bersyukur atas segala nikmat ini, salah satunya berada di lingkaran ini.

segalanya itu akan bermula dari lingkaran kecil ini.
salam perjuangan untukmu ukhti, pejuang dakwah yang tetap istiqamah mengarungi jalanan yang penuh ranjau ini.