Tuesday, April 10, 2012

Bagaikan Kunang



kecil-kecil tapi bersinar. keren ya.
siapa yo yang gak tau kunang-kunang? hewan kecil yang bersinar di malam hari. :) matahari kalii.
weits bukan bukan.

sedikit sharing yang ane ambil dari salah satu website

Kunang-kunang bersinar bahkan ketika mereka masih berupa larva kecil. Kedipan kepucatan mereka, cahaya kapur bertindak sebagai peringatan bagi pemangsa.

Cahaya ini merupakan hasil pencampuran oksigen, pigmen yang disebut luciferin. Enzim luciferase, bahan kimia yang disebut adenosin trifosfat (ATP) adalah yang menyediakan sel energi, menurut peneliti Harvard Medical School.

Kristal asam urat, yang terletak di sel-sel bisa diaktifkan untuk membuat cahaya, bertindak sebagai lapisan reflektif dan bersinar dari seluruh badan serangga.

Namun, pola kedipan perut kunang-kunang itu tetap menjadi misteri, di mana ilmuwan tidak yakin apakah pola ini dikendalikan oleh sel-sel saraf serangga atau suplai oksigen.

Tetapi para ilmuwan tahu apa guna kedipan itu. Kunang-kunang dewasa mengeluarkan sinyal cahaya terputus-putus untuk menarik perhatian pasangan di masa depan.

ayo ayo, ibrah apa yang bisa kita ambil? cekidot. kita list ya.
  1. ketika masih kecil saja, kunang-kunang sudah bercahaya, walaupun belum maksimal. so, sebagai mukmin kita harus terus mengupgrade diri. dengan cara apa? banyak kok. contohnya datang kalau ada kajian, ketika diingatkan saudaranya dengar, rasakan, & berubah menjadi lebih baik (ane juga masih belajar :)), dan masih banyak lagi
  2. kunang-kunang itu punya senjata lo. cahayanya itu. ".. sebagai peringatan bagi mangsa". so, kita juga punya senjata yaitu iman kita. iman kita inilah yang akan menjadi cahaya bagi diri kita masing-masing. so, di bina dan membinalah.
  3. kunang-kunang itu indah dengan kepribadiannya yang unik. yaa kita bisa ambil hikmah. bahwa seorang muslim itu kepribadiannya indah dengan akhlak2nya yang terpuji.
semoga bermanfaat dan terus memperbaiki diri. amin
wallhualam bishawab

http://www.inilah.com/read/detail/648221/apa-yang-membuat-kunang-kunang-menyala/

No comments:

Post a Comment

yuk comment