Wednesday, November 13, 2013

Cara Allah Ngedidik kita..!

Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar (Al-Baqarah: 155)

klau kita ingat2 lagi tentang ayat ini, bgitu luar biasanya Allah ya.

FILTER

saringan yang Allah desain buat ngenyaring siapa2 dari hamba-Nya yang termasuk orang2 yang sabar. super!
hebat kan.. siapa dulu, Allah gitu lho. hehe
kalau skrg lagi diuji, berarti Allah sayang. lagi dikasi tiket VIP buat jadi orang2 yang mukhlis (ikhlas).

tinggal pilih aja,ambil tiket buat dididik jadi org yg sabar atau ...


katanya sih kembar. :3

kenal winda itu dari semester 1.
kata orang, kita kembar. padahal yo ga bgt dikatain kembar sama winda hehe. #canda
kita kembar, saudara seiman :)

bedanya winda itu ada tahi lalat di pipinya, choco chip

banyak yang bilang, kemana-mana ada winda pasti ada titin. begitupun sebaliknya. yg perlu digarisbawahi itu, kita kelihatan sering bareng ya karena ada agenda yg sama, kalau pas agenda pribadi ya tetap masing2. privacy. :)

semoga ga ada prasangka ya, siapapun itu, kapanpun itu, dimanapun itu.  eitss, di salah satu buku mantuba, "prasangka itu bagian dari ciri runtuhnya ruh". kata ustad taufiq yusuf.

jadi kita harus hati2 ni, mulai dari sekarang, termasuk saya sendiri. seneng banget setan ngasut kita ya, sampai cara sehalus mungkin yg dia lakuin ke manusia.

sampun nggih :D




Friday, November 8, 2013

Sekeping Warna Cinta

ingat hikmah yang disampein sama aa gym,
"kita terlalu fokus sama luka goresan pada tangan kita dan melupakan nikmat-nimat lainnya."

bener banget ya, Allah udah kasi kita banyak nikmat, tp sudahkah kita bersyukur hari ini?
astagfirullah :'(

Sekeping warna cinta yang Allah berikan, ialah ujian

pasti aja ujian itu hadir, untuk membuktikan masihkah kita bersabar dan bersyukur.bukankah Allah menjanjikan, setelah kesulitan ada kemudahan. dan itupun diulang hingga 2 kali bukan. ketika kesulitan itu hadir, bersyukurlah karena Allah lg kasi kesempatan buat kita, yaaa tiket VIP. khusus buat kita ya bisa jadi orang lain belum dapetin tiket itu.

jika saat ini ada hati-hati kita yang ternodai dengan segala bentuk niat yang "ngawur", wallahualam itu bagian ujian dari Allah. niatnya ingin bareng-bareng memperbaiki  diri, eh malah salah niat. niatnya pingin ngajak ke kebaikan, eh malah salah niat.


klau bicara soal mengajak ke kabaikan, inget sama film #HKS, "Bukankah setiap orang memiliki hak untuk mendapatkan kebaikan?"
siapapun itu, mau dia tukang becak, tukang bubur (ane hehe), orang kaya, pecandu, atau bahkan aktivis dakwah sekalipun.

pinter2 buat ngelola hati, ada yang ngerespon pakai respon yang baik atau sebaliknya. yang penting udah ngajakin.
kalau ketarik pakai respon yang baik, alhamdulillah...
kalau ketarik pakai respon yang ga baik, alhamdulillah (ketarik jg kan hehe)
kalau belum ketarik, alhamdulillah.. berarti kita masih di kasi tempat buat ngamal lebih banyak lgi. yang penting sabar diatas sabar.

eits kalau yang ini, kita kudu banyak2 bersyukur,
misal: ada pohon yg lg berbuah, buah yang paling deket (mudah dijangkau) udah matang, sama ada buah yang belum matang letaknya paling ujung plus susah dijangkau. mau ambil yang mana?

terkadang kita terlalu fokus sama yg susah dijangkau, padahal ada yang udah matang + mudah dijangkau tapi melupakannya.

banyak yang seneng di perhatikan, diingetin, dikangenin hehe di luar sana, dan yang pasti mereka merespon dengan respon yang jauh lebih baik, malah terlupakan. ane kayanya harus banyak istigfar ni (curcol).
ladang ya. :)

"bukan mata yang buta, tapi hati di dalam dada"

wallahu alam bishawab

Tabiat "gelap"

karena tabiatnya kegelapan itu bersembunyi di balik benda-benda,
ketika sang cahaya hadir menaungi ruang yang gelap, maka sudah pada porsinya sang kegelapan lenyap dengan seketika.

Al haq wal bathil


Saturday, November 2, 2013

Beda mata kanan dengan mata kiri ?


pertanyaan singkat dariku untuk dirinya eaaa, sohib ane.

Apa bedanya mata kanan dengan mata kiri?
~ yang satu di kanan, yang satu di kiri.
~ sama-sama buat ngeliat
~ tapi  ga bisa saling ngelirik






haha, boleh-boleh

ada sepenggal hikmah yang bisa diambil dari "mata".
mata setiap manusia didesain defaultnya sama dari segi bentuk (kaya cermin dibelah dua #pinang hhe)
tapi apa yang beda dari keduanya,
yup...
permisalan, kita suaaangggaatt ngejaga mata kita, di kasi Otem, di kasi THM supaya mata kita tetep sehat. tapi pas lagi berkendara, ada debu yang nemplok di mata yang kiri.
pedihnya luaarr biasa. nyampe2 di rumah diobati...
berulang lagi, n kena  lgi mata yang kiri,..

alhasil apa?
ada yang beda sm mata kita, dari segi 'jelasnya penglihatan'..

misal, mata kanan normal
mata kiri minus... ya tadi padahal perawatannnya sama. tapi ga tau juga hhe kena debu pas banget yang di kiri...

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

mata yang udah dijaga plus perawatan yang intens,
pas berkendara coba mulai care sama penutup transparannya, supaya apa?
supaya ga kena debu...

seberapa hebat penjagaan sodara2 yg sholih/sholihah, yg udah dilakuin ke kita,
seberapa besar pengorbanan para guru (murobbi) mendidik kita
seberapa luar biasanya jamaah ini membina kita
cuma satu yang paling berpengaruh sama sholih/sholihahnya diri kita

gimana kita bisa ngedidik diri kita pake rumus "Tarbiyah Dzatiyah"


ga ada yg ngejamin, ada disekitar orang yang menurut kita baik akhlaknya, ibadahnya, semuanya itu ga ngejamin kita jadi orang yg sholih bukan? tap bukan berdalih, yo wiss, gue bergaul deket banget sama org2 yg belum bener, kita flash back ke kisah penjual minyak wangi dan minyak tanah? tapi yo pancen oye, itu belum ngejamin...

banyak ujian yang Allah kasi, tapi apa kita sadar kalau kita lg di uji?

kaya perumapamaan mata kanan dgn mata kiri,
bisa jadi mata kanan sehat wal afiat, tapi mata kiri kita minusnya  lumayan tinggi
begitulah dalam bersaudara....
saudara kita ini memang luar biasa, la kita?

buka diri, kembangin potensi
menyadari... kalau Allah lagi mendidik kita dengan cara-Nya

kalau tadi kita bicara ttg penutup transparan di helm
ya semoga, mata kita keduanya ttep terjaga.

bukan cuma yang satunya aja yg sholih
tapi begitupun dgn yg lainnya

bukan cuma saudaranya aja yg mentarbiyah dzatiyah dirinya
tapi kitapun juga terus semangat utk mentarbiyah dzatiyah diri kita

wallahu alam

Sunday, October 13, 2013

Pas Porsinya

semua udah ada porsinya :)
disibukin sama kebaikan
dikasi waktu senggang buat refreshing
di kasi waktu buat ngeluarin air mata
dikasi momen buat senyum

semua itu di waktu yang tepat
oh Allah..
~always bersyukur


Friday, October 11, 2013

Serdadu Kumbang

sederhana
di balik keterbatasan
selalu ada tekad yang tiada batas
karena kita serdadu kumbang


bisnis? Allah obsesinya

kalau kata seorang ikhwah,
"ikhtiar itu tak pernah mengkhianati"

apapun aktivitasnya,
Allah obsesinya


Barakallahu fiikum Zugo Company, semoga Allah senantiasa memberkahi...
ya... only one
Allah aja obsesinya
cukup ko'

:)

doakaann ya fren

Sunday, September 29, 2013

Boot Bejo Maknum..

posting dari fb soulmate :D
 
Malam mingguan sama Lovely gerobak BEJO MAKNUM dan sang koki bebenah buat Outlet Mini...
cihuyyyy

walaupun fotonya kusem plus jelek, tapi tetep kece
*maklum kamera seadanya hehe



Kalau kebaikan bisa menular, pun begitu dengan keburukan..

harus becarefull sama yg satu ini.

ya, kebaikan itu bisa menular, keburukanpun juga bisa nular.
ingat kisah penjual minyak wangi n minyak tanah?
pas kita deket sama penjual minyak wangi, kita ikut wangi
pas kita deket sama penjual minyak taha, kita ikut bau tanah #eh hhe

klo bicara penjagaan diri spy gak tertular sama keburukan, satu cara yg paling ampuh buat ngetamengin. dengan apa?

Tarbiyah dzatiyah

mau sekenceng apapun motivasi yang bapak/mamak/kakak/murabbi/murabbiyah kasi ke kita, yg paling bisa n tau sama upaya penjagaan diri kita ya dgn pembinaan diri kita sendiri.

ya kalau di depan umum kita terlihat baik-baik aja..
lantas klo di kamar sndirian apa yg kita lakuin?

wallahu alam

menyia-nyiakan waktukah?
membiasakan diri buat bermalas-malasankah?
tilawah ble-a ble-e?
shalat always ga tepat waktu?
atau yg tergawatnya, mmberanikan diri buka situs yg aneh-aneh?

atau dengan

waktu yg terus produktif dalam kebaikan?
always tertata urusannya?
tilawah always melebihi target yaumiah?
shalat ontime?
atau ngebuka situs yg full ilmu?

ya apapun itu cuma pembinaan diri yg bisa ngejawab
karena tadi, urusan diri kita ya pertanggungjawabannya n urusannya ke Sang Pencipta

tinggal pilih aja

mau menularkan kebaikan 
atau
mau menularkan keburukan


Tuesday, September 24, 2013

Pemimpin Negara VS EO ...

sederhana
tapi daleemmmm...

Tugas kita adalah mempersiapkan kader untuk memimpin negara, bukan sekadar Event Organizer yang menyelenggarakan acara.

~Solikhin Abu Izzudin

non stop PAHALA ?

mau dapet pahala yg ga ada putus2nya?
ayo kita nabung di Tabungan Akhirat
pengembangan Mesjid Syamsul Ulum Telkom University
ke no. rekening 1310010922591 a/n Masjid Syamsul Ulum konfirmasi ke 081320198038 atau email ke siskomsar@yahoo.com (siska)

ga bakal kecewa dehh
dijamin


Thursday, August 8, 2013

Syamsul Ulum


Syamsul Ulum, nama sebuah mesjid yang terletak di kampus Telkom. mesjid ini menjadi sejarah atas berkembangnya syiar Islam di masyarakat khususnya di kampus Telkom sendiri.

dari stiker yang tertempel di sebuah kamar kostan, kurang tau siapa yang menempelnya, tapi sepertinya ia salah seorang aktivis dakwah kampus. :)

...
makmurkan
agar dia
bersinar
bak mentari
syamsul ulum


simple, bertekad buat i'tikaf di MSU juga bagian dari memakmurkan mesjid ko' :)
atau sekedar tilawah di MSU atau kegiatan2 positif lainnya juga bagian dari cara kita memakmurkan agar ia bersinar bak mentari


syamsul ulum

Friday, August 2, 2013

hikmah yang bertebaran

perjalanan hidup ini layaknya jejak kaki.
ya sebut itu dengan semangat mengambil pelajaran.
hikmah itu bisa dipetik siapa saja, kapanpun, dimanapun.
tapi, mampukah kita memetiknya?

orang yang beruntung itu ketika kita mampu mengambil pelajaran pada masa lampau.


Thursday, August 1, 2013

Hanya Engkau

Cinta untuk-Mu luar biasa

yang tak lelah mencintai
tak henti-hentinya
begitu luar biasanya Engkau Rabb

lebih sejuk dari embun pagi
lebih indah dari sang surya yang terbit
Maha Indah
Maha Sempurna

semoga kelak...


Sunday, June 2, 2013

for my dream, for Allah

@laboratorium elektronika,

2 Juni 2013
pukul 17.00

akhirnya menemukan
yang dicari
yang dinanti

Labview 2010

for my PA
for my dream
for Allah

Rabbku


Tuesday, May 21, 2013

Merajut Makna




Tidak sepantasnya keluh kesah itu hadir mendominasi setiap langkah kaki. merangkak-rangkak pun butuh daya apalagi berlari kencang. Bukan membandingkan, hanya saja kita berbicara mengenai refleksi semangat juang yang tertorehkan oleh para pendahulu. 

Lihat saja Said bin Amr, kepribadian yang sederhana nan luar biasa mampu menorehkan peradaban besar sebuah bangsa. 

Terlebih teruntuk Rasulullah, tiada kata yang mewakili untuk beliau, atas segala perjuangan terhadap ummat ini. 

Tak hanya itu, ahmad dahlan memiliki kapasitas yang besar, seorang tokoh nasional sekaligus tokoh Islam di Indonesia yang mampu membentuk pola fikir masyarakat akan penanaman dasar-dasar nilai Islam yang diajarkan Rasulullah, dengan tidak mengaitkan sesaji, dengan tidak menyekutukan Allah walaupun niatan masyarakat pada zamannya adalah itu bagian ubudiyah (penyembahan) terhadap Allah SWT, namun itu bentuk dari penyimpangan, dan ahmad dahlan mampu merekonstruksi pemahaman tadi dengan proses-proses yang bertahap.


Beginilah pembinaan-pembinaan para pendahulu berbicara tentang makna dari pembelajar yang baik. Menjadi pribadi yang pernah salah itu adalah bagian dari yang menguntungkan. mengapa? karena pada momen tersebutlah kita mampu menaikkan kapasitas kita, terlebih itu kepekaan, kejelihan, ketelitian, dan aspek-aspek lainnya.

Hikmah itu barang hilang seorang mukmin, dimana pun ia menemukannya maka ia paling berhak mendapatkannya (HR. Tirmidzi).

Merajut makna dari setiap momennya adalah sesuatu yang tak ternilai. Seperti di dalam buku menyimak kicau merajut makna, Salim A. FIllah. Banyak sekali nasihat yang bertebaran, celotehan yang baik, bahkan yang buruk sekalipun, tetapi marilah kita mampu mengambil makna di setiap episode kehidupan kita ini. 

Belajar menjadi pembelajar yang baik adalah keharusan. Mengapa? Karena kita dituntut untuk untuk menjadi pribadi yang cemerlang nan bermaknakan sempurnakah? Bukan itu tapi seperti muslim yang berwarnakan putih namun Allah mencelupkan kita ke dalam warna-warna kehidupan sehingga kita adalah warna-warni yang saling mencinta, bekerja, dan harmoni dalam melangkah ke depannya.

Teringat akan kisah pada saat perang hunain, Allah menguji dengan memberikan pasukan yang banyak, ya dengan kuantitas yang memuaskan. “Kita tidak akan pernah lagi dikalahkan oleh bilangan yang sedikit”, kata salah seorang pasukan pada saat itu.

“Dan ingatlah perang hunain, yaitu di waktu kamu menjadi congkak karena banyaknya jumlahmu. Maka jumlah yang banyak itu tidak member manfaat kepadamu sedikitpun dan bumi yang luas ini terasa sempit olehmu, kemudian kamu lari ke belakang dengan bercerai-berai. (At-Taubah: 25)

Penggalan sejarah peradaban dari Said bin Amr dan Ahmad Dahlan adalah sesosok orang yang memang Allah takdirkan untuk menjadi agen perubahan pada zamannya. Banyak kah jumlah mereka? Ribuan? Atau bahkan puluhan ribukah mereka?

TIDAK, sesungguhnya jumlah mereka sedikit. Bermula dari 1 orang yang menyeru kepada kebaikan lantas bertambah sedikit demi sedikit.

Apa yang menjadi titik balik?
Islam yang kaffah ini akan muncul dalam keadaan terasing dan berakhir dengan keadaan terasing. Maka berbahagialah ketika Allah menghadiahkanmu berada dalam lingkungan orang-orang yang shaleh/ah. Kuantitas kader yang faham akan harakiyah islamiyah ini sedikit, namun tidak sepantasnya kita berputus asa karena janji-Nya begitu nyata, “Kemenangan yang agung”.

Jadilah pembelajar yang baik, karena banyak orang yang belajar namun lupa untuk merajut makna di setiap puzzle-puzle kehidupan.

Friday, April 12, 2013

Jihad fisabilillah

berbahagialah karena alam pun tersenyum padamu, wahai tentara Allah
di saat yang lain bersantai, engkau disibukkan dengan agenda-agenda jamaah
di saat yang lain berkeluh kesah, engkau bertekad untuk terus maju melawan tirani
di saat yang lain...

istiqomah yang Ia berikan adalah wujud sayang-Nya
maka nikmat Tuhanmu yang manakh yang engkau dustakan?

tidak ada hijrah setelah penaklukan kota mekah, maka hijrah itu dalam bentuk niat fisabilillah...

agenda-agenda perbaikan akhlak yang semakin digalakkan saat ini adalah bagian dari jihad kita sebagai seorang muslim.
jihad yang paling besar adalah memerangi diri sendiri. terkadang memang lebih sulit untuk jujur pada diri sendiri ditambah dengan pemakluman-pemakluman.
ya, persoalan ini kuncinya ada pada setiap personalnya, inilah yang menjadi penghalang kedekatan kita dengan Allah bahkan untuk kerja-kerja besar ini.

agenda-agenda pembinaan yang tidak berjalan karen alasan-alasan pribadi.

ya pemakluman tadi

apa yang membuat kita keluar dari zone ini?
hadirkan mata hari (bashirah) di setiap saat, kapanpun itu...
kedekatan kita dengan Allah
dengan ketaatan yang penuh

menjadi sang pembelajar yang baik


Friday, April 5, 2013

takut dan sabar

dorongan-dorongan spiritual di dalam hati, seperti rasa takut, cinta, dan harap, akan mampu melakukan sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh pemahaman rasional semata. tepat sekali Asy-Syatibi ketika membedakan dorongan-dorongan ini, antara kebanyakan kaum muslimin yang masuk ke dalam ikatan pembebanan (taklif) dengan dorongan umumnyakeislaman mereka dan orang-orang tertentu yang masuk ke dalam ikatan pembebanan dengan dorongan yang lebih kuat dari sekedar pemahaman rasional.
Asy-Syatibi berkata,
kelompok pertama keadaannya seperti orang yang beramal karena ikatan islam dan iman semata. kelompok kedua keadaannya seperti orang yang beramal karena dorongan rasa takut dan harap atau cinta. orang yang takut akan tetap bekerja kendatipun terasa berat. bahkan rasa takut terhadap sesuatu yang lebih berat akan menimbulkan kesabaran terhadap sesuatu yang lebih ringan kendatipun tergolong berat. orang yang memiliki harapan akan tetap bekerja kendatipun terasa sulit. harapan kepada kesenangan akan menimbulkan kesabaran dalam menghadapi kesulitan. orang yang mecintai akan bekerja mengerahkan segala upaya karena rindu kepada kekasih sehingga rasa cinta ini mempermudah segala kesulitan dan mendekatkan segala yang jauh...
karena dakwah mengajariku banyak hal 



Sunday, March 31, 2013

~ ibu ~

mutiara tiada tara
putih berharga
tiada terkira
indah di mata
berharga di jiwa
surga di telapak kakinya

Ia menghadiahkanku seorang yang berharga
ibu ibu ibu

wanita berjasa yang selama ini mungkin saja kita belum sepenuh hati untuk mencintainya, baik dengan hati, lisan, ataupun prilaku kita. sungguh mengenaskan membayangkannya.
tak mudah untuk menuliskan tentangnya
sepotong hati yang kecil yang terus bersua
menyayangimu karena Allah ummi.

teringat prilaku kasar yang pernah diperbuat, dan itu sangat merobek hatinya...
menangis melihat anaknya... dan yang tiada terduga, ia berdiam untuk mendoakan putra-putrinya,
"Ya Allah, maafkan hamba karena belum mampu mendidik putra-putri hamba menjadi sholih dan sholiha, perkenankan hamba untuk mendidiknya dengan cinta yang hamba tanamkan untuk mencintai-Mu dan Rasulullah, aamiin"

sungguh mulia...

terngiang ketika ia menelpon, lantas ketika diangkat kita berkata, "ma udah dulu ya, lg ada agenda ma..penting banget soalnya, Assalamu'alaikum"...

antara bahagia dan duka yang seorang ibu rasakan
"anakku menjadi bagian orang yang aktif di kampusnya, subhanallah"
atau
"ya Allah, perkenankan ia tetap dalam naungan cinta-Mu agar tetap mengingatku sebagai ibu yang sedang merindukannya"

Allah.
tidak ada bintang yang segemerlap cahaya cinta seorang ibu
mencintainya karena-Mu ya Rabb

perkenan hamba untuk menjadi bekalnya untuk meraih surga-Mu kelak
menjadi yang sholih dan sholiha
aamiin

uhibbuki fillah ummi :)

Thursday, March 21, 2013

Lirik Nasyid Keikhlasan- Bagus Haryo

Kuingat masa-masa lalu yang telah terlewat, di dalam hidupku
Kutengok lembar-lembar semu, dilubuk hatiku yang tersadar kini

*Oh ternyata semua, hanyalah sia-sia
Yang kulakukan, tiada artinya
Namun hatiku terasa, tiada bercahaya
Karna noda dijiwa

Reff 1
Keikhlasan itu dalam rasanya,
Tak dapat kita beli
Karena anugerah Illahi
Keikhlasan balasan tak dinanti
Tak akan engkau rugi
Karna kasih Illahi

* Namun hatiku terasa, tiada bercahaya
Karna noda dijiwa

Reff 2
Keikhlasan itu dalam rasanya,
Tak dapat kita beli
Karena anugerah Illahi
Keikhlasan pasti Allah yang tahu
Tak perlu kita ragu, tuk dapat ridhoMu

Keikhlasan 4x
Hanya Allah dan kita yang tahu……


download:
http://www.mediafire.com/?wn3z4a1n7wj803t 

Futur itu Nikmat

futur itu sakit
sehat itu nikmat

"maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan?" (Ar-Rahman: 13)
Allah itu Maha Agung...
ujian-Nya itu bukan hanya dalam bentuk cobaan saja tapi kebahagiaan yang kita rasakan sekarang juga bagian dari ujian yang Ia berikan.

kaya juga ujian
miskin juga ujian
semua yang kita miliki sekarang juga ujian
termasuk amanah-amanah yang diemban juga ujian buat kita.

futur itu nikmat?
kenapa nikmat?

futur itu ujian yang diberikan Allah dengan kondisi merasa paling "down" diantara yang lainnya. disinilah syaithan merasuki kita dengan hasutan-hasutan andalannya.

bukan main hasutannya itu,
yang tadinya semangat bisa jadi loyo,
yang tadinya positive thinking bisa jadi negative thinking
yang tadinya masiv bisa jadi pasiv

wah wah, keren ya hasutan syaithan itu, sampai-sampai hati nyesek kalau sudah futur melanda..

tapi futur itu nikmat rasanya, karena disaat futur kita bisa bandingkan apa yang kita lakukan dan rasakan ketika futur dengan ketika sedang tidak futur...

sadar kalau syaithan sedang menghasut kita
sadar kalau ini itu bagian dari tipu daya syaithan

tapi? kenapa ga segera dibenahi hatinya kalau udah sadar?
berat memang, tapi kenapa ga mencoba membukan hati?

membuka hati untuk mempersilakan saudara-saudara kita membantu untuk keluar dari kefuturan ini..
solusi yang tepat adalah maksimalkan kedekatan diri ini kepada Allah, selain itu rasakan nikmatnya berjamaah...

ada yang mengingatkan
ada yang memperhatikan
ada yang mensupport penuh
bahkan ada yang mendoakan

super sekali nikmat futur ini,
gradasi sehatnya hati terlihat jelas
pekatnya warna keimanan yang contrast terlihat jelas dengan penurunan warna yang mulai luntur bahkan hingga ke titik tak berwarna kembali...

:)
jazakillah khoir untuk soulmate yang super sekali, yang baik hatinya, yang begitu sabarnya...
kelak Allah akan membalas kebaikanmu dengan surga insyaAllah
semoga cinta yang kita petik dari langit
dapat kita tebarkan ke bumi

penuh cinta karena Allah

Monday, March 11, 2013

Pelangi di mataku

warna-warni
indah
gak cuma satu
kuat
saling mewarnai

pelangi, pelangi, pelangi

di sela-sela kepenatan yang membendung, nilmat Allah itu luar biasa sekali,
kemarin sore tepat pukul 18.00, Allah menghadiahkan pelangi untukku

terbias di mataku
tak penuh
tapi pekat sekali warnanya

subhanallah
maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan?

luntur seketika
bersyukur banyak banyak dan banyak
Allah gak eprnah sekalipun berhenti ngasi nikmat ke kita semua
lantas?
kita? sudah berbuat apa untuk Allah?


penat itu biasa, tapi bagaimana kita mengorganisir penat kita itu...

semoga Allah menguatkan setiap jejak langkah perjuangan ini
aamiin :)

Sunday, March 10, 2013

Baitul Fitri ku

ada yang kenal gak sama baitul fitri?

:D
kostan mungil yang penuh aura terletak di jalan sukapura, pojokan, sebelah pemakaman, yang kalau malam hari kata orang-orang "menakutkan"

hhe, tapi bukan itu yang kami rasakan...

sebelumnya ane mau kenalin dulu ni personil baitul fitri yang keren-keren
ada audi, gilih, devie, erni, plus ulfa ..

jumlah kamar yang berisi 7 tapi masih kosong 1 kamar

bukan tanpa alasan kami memilih baitul ini, banyak alasan untuk mencintai baitul fitri ini.
selain letaknya yang keren (sebelah kuburan), jadi bisa ingat kematian, orangnya yang super unik nan keren (karena ngaji ~ hhe).

perkenalkan, bapak kost BF yang baik hatinya....
baapaaakk mpeen yuuhuuu. :D

bapak kost yang penuh dengan kesabaran, dan selalu menanyakan kondisi anak-anaknya. ngeronda setiap malam, dan kalau ada masalah dengan kostan selalu sms ngerengek (gak nagis kok) minta tolong bantuannya... istri beliau namanya bu yoyoh... yang gaul banget orangnya... bisa ngereff lo hha, keren ya.
bu'e jg anak ngaji lo, makanya skrg jauh lebih keren...

aura keindahan yang terpancar dari BF ini (kata orang)...

"eh, kostan lu tempat ngaji ya?"
itu yang pernah terlontar dari salah seorang teman mengomentari kostan kita... yang katanya "gile, jilbab besar semua"

alhamdulillah ya :)
kalau yang positif ini hadir di kehidupan kita.

eksistensi baitul fitri yang tidak diragukan lagi
siapa yang tak kenal baitul fitri?
(sok terkenal) hha

bukan karena citra yang diinginkan

menghadirkan nilai-nilai kebaikan lah tujuan kami.
oleh karena itu, agenda rutin yang selalu dilakuin itu adalah MUBES BAITUL FITRI

fungsinya buat apa ya?
1. menentukan jadwal ibadah (yang menjadi imam pada hari itu ketika pelaksanaan sholat fardhu)
2. menentukan jadwal piket bersih-bersih kostan (membersihkan kostan, membuang sampah, ngepel, bersihin kulkas, nyiram bunga....
3. menentukan jam malam
4. membuat peraturan menginap
5. sms konfirmasi ketika menginap di rumah teman kalau ada tugas, dan agenda lainnya
6. kalau gak pikeett, dendaaa 15000 -_-" hhihi
7. plus aturan tata cara jika ada tamu yang bukan mahrom  nya...
8. dll

rencananya sih mau ditambah agendanya,
pengennya ada jadwal tasmi', murajaah, sama kultum ba'da shubuh....

setelah liburan, belum ada nih MUBES lagi,
huaa, semoga dgn tulisan ini mubes bisa terlaksana hhe

aamiin

*MOU penghuni baitul fitri
*menghadirkan cinta di istanaku

cintaku di rumah Baitul Fitri

Wednesday, March 6, 2013

sendiri, berdua, bertiga ? ...

Engkaulah yang menghadirkan cinta ini ya Rabb

melayakkan diri akan amanah yang diembankan adalah keharusan. bahkan bukan hanya ketika diamanahkan lantas kita baru melayakkan diri, ini kapan pun dengan kondisi apapun, serta bersama siapapun itu.

rasa cinta terhadap dakwah ini, membumbung tinggi, yang berharap, menggantungkan segalanya hanya kepada Engkau

sendiri
berdua
bertiga...
? atau lantas tidak ada sama sekalikah?

ini yang menjadi permasalahannya,
"aku tidak pantas menjadi x", katanya
terus aku pun juga akan berkata seperti itu
lantas siapa lagi? ...

berbicara tentang estafet, maka kaderisasilah yang menjadi kunci jawabannya.
mempersiapkan kader bukan hanya pada kematangan satu sisi saja, tapi banyak sisi.
salah satunya adalah, pematangan komitmen seseorang terhadap dakwah, bahwa cinta akan meminta ini pada kita...

pematangan ini akan didapatkan dari tarbiyahnya, sudah liqo atau sehat atau tidaknya liqo dari kader tsb. sistem kontrol yang wajib berjalan, selain mengontrol terhadap ruhiyah tetapi tsaqofah yang kader miliki adalah Sangat penting...

maka kita akan mengetahui sejauh mana kader tsb akan terupgrade dari yang berwarna putih maka akan berwarna-warni....

wallahuu 'alam bishawab

Saturday, February 16, 2013

karena aku bukan imma'ah

"bukan aku ikut-ikutan tanpa sebab, tapi inilah yang aku alami. bukan sekedar benak, tapi jasadiyah ini juga turut merasakannya.. karena aku bukan kader imma'ah"

ikut sana ikut sini tanpa memahami esensi dari apa yang dilakukan orang lain bahkan terlebih diri ini. bagiku, melakukan tanpa mengetahui maksud dan tujuan adalah sesuatu yang kurang berguna/bermanfaat..

mengapa pergerakan ini selain didasarkan pada salimul akidahnya, lantas juga paham dan paham? ...
ya tepat sekali, mutsafaqul fikr (pengetahuan/tsaqofah) yang menancap akan mempengaruhi sesuatu hal terlebih untuk peradaban ini.

kenapa salah satu pesan dari imam syahid Hasn Al-Banna,
"maka seni di lawan dengan seni, politik dilawan dengan politik, teknologi di lawan dengan teknologi, dan hal lainnya..."

itulah islam yang syumul...
bukan hanya pada mesjid, madrasah, pesantren..
tetapi juga pada bank, kebudayaan, teknologi, politik dan lainnya...

oleh sebab itu mengasah pikiran,"kenapa ya aku harus ada di masyarakat?"
itulah pertanyaan yang bisa memacu pikiran kita untuk terus bergerak...
ya karena islam ini harus tersebar dengan nilai-nilainya, yaitu bersumber pada Al-Qur'an dan As-Sunnah

berbicara pandangan miring akan sebuah wajihah ataupun apapun itu..
toh yang berada di lapangan dengan niatan bermanfaat bagi bangsa, negara, terlebih untuk agama, dengan tujuan bermanfaat bagi orang lain (nafi'un lighairihi), ini adalah kita sebagai pemain inti...

maka berbicara pemain inti maka yang perlu dipersiapkan adalah pemain cadangan..
mempersiapkan kader yang akan dipersiapkan untuk masuk ke inti dengan tujuan yang sama yaitu mencetak GOL.

itulah bukti menanamkan pikiran yang murni (fikrah) adalah penting.. bukan imma'ah apalagi taklid...
sungguh Allahlah Maha Segalanya bagi kita


#Ahmad Heryawan Deddy Mizwar No.4
#Allahu akbar!

Karena Aku bukan kader imaa'ah

Thursday, February 14, 2013

14/2/13

karena hijabku, adalah kebanggaanku
sebagai bukti taatku pada Engkau
bercita-cita akan ridho-Mu
dan
Rasulullah yang aku cintai karena Engkau ya Rabb

Gerakan Menutup Aurat Internasional
"Hijab Is Our Responsibility To Allah SWT"


GMAI yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2013 semoga membuka pola mind dari setiap muslim, bahwa kalau cinta sama Rabb ya taati perintah-Nya :).

biasanya tu kalau tanggal 14 Februari kan dimeriahkan dengan segala yang berbau coklat dan pink, yuup alias valentine day.. ini dia yang menjadi permasalahan kita, selama ini kita dibohongi akan esensi valentine day, karena sebenarnya berawal dari sebuah kisah, seorang pastur yang mencintai seorang wanita. mereka melakukan hubungan dan akhirnya memutuskan untuk bunuh diri bersama-sama...

 na'udzubillah

ini bukan cinta namanya...
pengemasan isu yang menjadi kebiasaan buruk, yaa sebut itu dengan imma'ah alias ikut-ikutan tren, bahkan tren berkasih sayang dengan zina.

semoga Allah membukakan hidayah untuk kita semua, aamiin

we back to GMAI ya :)

spesial untuk akhwat L-Syami Politel, FSLDK Baraya, dan seluruh LDK yang turut aktif pada GMAI.

di mulai dari persiapan pada propaganda yang harus di bawa ketika aksi damai 14/2/13 pukul 08.00
dilanjutkan dengan syura persiapan, dan makan bareng, n bsoknya capcus ke pusdai :)

yang hadir lebih dari 50 orang, feelnyaa what amazing day :)
berbalutkan pakaian muslimah serta hijab putih menutupi dadanya

serta ikhwan yang tegap melangkah dengan panji-panjinya

tak banyak pasukan kami, tapi semangat kami tertumpahkan

banyak wartawan yang meliput, terlihat jelas wajah terkesan dari mereka, dengan atribut yang unik yang khusus kita bawa pada aksi ini..
tak hentinya memotret sana dan sini.

sungguh malaikat akan menjadi saksi

yang perlu digarisbawahi adalah, "aku berdiri disini, bukan sekedar menyuarakan saja, tetapi aku ingin kita bersama mencintai Allah dengan taat akan perintah-Nya.."

semoga umat muslim dapat memaknai ini, bukan apda hari ini saja untuk berhijab tapi inilah awal mula untuk sampaaaaii kapanpun hijab ini akan melekat pada diri

aamiin ya Rabbal 'alamin
wallahu 'alam bishawab



Wednesday, February 13, 2013

My choice is My Hijab

berbalutkan kain
menutupi
terjulurkan menutupi dada

rapi dan mengesankan
begitu mempesona
itula ia

yaa

ia seorang muslimah
yang semoga baik hatinya

Allah berikan ia keistiqomahan
untuk tetap teguh
bertahan
melawan arus global yang menyiksa

menyiksa kata orang?
tapi ia menganggap

inilah wujud taatku pada-Nya
sungguh aku berbahagia atas nikmat ini
arus modernisasi yang mendera
membentukku untuk lebih taat

seberapakah ketaatan itu?
seberapakah pengorbanan yang kita lakukan untuk-Nya?

Allah, love You
semoga kelak, bertemu dengan engkau
bersama Rasulullah dengan orang-orang yang beriman lainnya

aamiin

meet Allah :)

Saturday, February 9, 2013

Perkenankan Aku

Allah :)

bahkan apa yang aku rasakan sekarang, sungguh tidak bisa terkatakan, bahkan kata-kata yang ada tak dapat mewakilinya

Engkaulah segalanya bagiku
sungguh
Engkaulah tempat menggantung segalanya

tidak abstrak
sungguh nyata di qolbu ini
Wahai Rabb yang Maha Pengasih
tidak bisa aku bayangkan
hidupku tanpa cinta-Mu

hanya bersama-Mu

semoga kelak
dipertemukan dengan Rasulullah yang aku cintai karena Engkau ya Rabb
untuk bertemu dengan-Mu
Wahai Dzat yang Maha Esa

perkenankan
agar ~ fisabilillah
sampai akhir hayat
madal hayah

:)

untuk pembinaan ini
sungguh tiada terkira
diperkenankan untuk berkontribusi
untuk peradaban ini

Wahai Dzat yang Maha Pengasih
perkenankan aku
untuk istiqomah fisabilillah

aamiin :)


Thursday, February 7, 2013

Kemenangan di Depan Mata

Oktober 2013 ini insyaAllah :)

kalau kata ustad Rian, "perjuangan dakwah seorang mahasiswa ya ketika ia berprestasi di akdemik"
bagaimana kita dapat memperolehnya? ya pasti dengan usaha dan doa kita

atau mungkin kita bertanya,apakah  seni menyentuh hati terefektif yang dimiliki seorang mahasiswa (pelajar)? ya jawabannya adalah dia berprestasi, maka ia mudah menyentuh objeknya..

hhe agak ngalur ngidul pembahasannya

tapi yang pasti, insyaAllah
semoga Allah memudahkan langkah-langkah ini untuk menghadapi ujian akhir D3 ana
bismillah, Titin Handayani, Amd

Oktober 2013
mudahkan langkah ini ya Rabb
Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku karena Engkau Allah SWT

Aamiin :)

Untuk Kerja-kerja yang Besar

ketika banyak orang yang berbicara tentangnya, berkata dengan lantangnya dengan mengedepankan emosi atau bahkan pandangan miring, justru itulah yang membuatnya semakin mendewasakan diri.

mengambil 'intan' di setiap moment
qiyadah ini satu
tapi jundi-jundinya tiada terkira

berkembang, melayakkan diri menjadi yang besar itu adalah kami
dengan marhalahnya masing-masing di setiap levelisasi

dan satu hal
menjadi besar
karena kami bercita-cita
nafi'un lighairihi
bermanfaat bagi orang lain

karena hakikatnya pun
yang bekerja keras di lapangan adalah pemain bola
bukan penonton bola

Hasbunallah wani'mal wakil, ni'mal maula wani'man nashir.
Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung, Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.

Pasti Kita Bisa

Saturday, January 19, 2013

Banjir vs Hujan

air itu indah sekali
bertasbih dengan tak kenal waktu.

menyegarkan memberikan warna di setiap kehidupan
siapapun bisa merasakannya

gemericik yang tak kunjung henti
rela ia rasakan
hingga hujatan datang menerkamnya

penggalan beberapa kalimat di atas adalah sedikit rasa yang diungkapkan terkait air, ya sebut ia dengan hujan. berbicara tentang hujan, kita dapat recharge kemblai pengetahuan kita akan sunnatullah dari hujan itu sendiri. yuk mari kita bertafakur sejenak.

  1. penyaringan air laut yang di bantu oleh matahari dan angin
  2. ketinggian awan yang berada di atas gunung dan tidak lebih dari 8 mil
  3. Allah menyebarkan awan-awan ke seluruh penjuru (yang Allah kehendaki)
  4. Allah mengirimkan angin dan awan itu, digerakkan dengan membentangkannya dan bergumpal sedangkan mereka bergembira (Ar-Rum: 48)
  5. ukuran air hujan yang selembut-selembutnya bukan seperti air bah
  6. Al-A'eaf: 57 (Allah memberikan kehidupan dengan penampungannya yaitu sungai yang perumpamaannyaseperti urat nadi)
  7. ketika hujan turun, maka terserap ke dalam tanah
  8. air hujan yang terserap menuju kedalaman tanah yang memiliki batas serapan yaitu batu cadas yang fungsinya menyimpan air tanah
  9. Al-Mulk: 30, ketika sumber air kering, maka siapa yang akan memberimu air yang mengalir? yaitu Allah SWT. ketika kering kerontang maka berdoalah dengan istis'qa (2 rakaat)

subhanallah
luar biasa sunnatullah tentang hujan itu sendiri ya. skenarionnya sempurna sekali.
melihat musibah-musibah yang terjadi saat ini, tepatnya di Jakarta, banjir periodik (kata warga) yang terjadi ini, disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya hujan yang tak henti-henti.

banyak hikmah atau ibrah yang bisa kita ambil dari musibah ini, beberapa diantaranya:
  1. dengan menghujat hujan? tidak pantas rasanya, karena hujan yang turun pun atas kehendak-Nya. air yang senantiasa bertasbih kepada Allah, lantas kita? mohon ampun ya Rabb
  2. maka bersyukur dan bersabar, melatih kita agar Allah memberikan nikmat "surut" kepada kita semua
  3. belajar bekerjasama bukan bekerja dewean, :). karena musibah banjir yang ada pun bukan seutuhnya kesalahan pemerintahan ini, maka apa yang dapat kita berikan utnuk negeri ini? yaa, turut membantu untuk perbaikan ke depannya, setidaknya bisaaa la ya untuk buang sampah di tempatnya (apalagi yang naik mobil, buang sampah di jalanan), malu atuh sama bapak-bapak tukang bersih jalanan.. :)
  4. satu yang paling pentinggg, malu sama Allah sudah merusak bumu :), kalau maksiat terus, ya mungkin saja Allah memberikan nikmat "air" ini kepada kita

bukan berarti saya lantas lebih baik dari teman-teman yang lain, mari kita memperbaiki diri dengan saling mengingatkan dalam kebaikan. :)
semoga Allah mengmpuni dosa-dosa kita yang mungkin menyebabkan banjir di Jakarta ini ya Allah, aamiin.

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira
kepada orang-orang yang sabar (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”.(QS. Al Baqarah: 155-156)


Mari tersenyum :)


Monday, January 14, 2013

Islam Membumi dengan Muwashofat Tarbiyah

syaksiah islamiyah adalah cerminan dari keimanan seseorang. seberapa terbentuk kah kepribadian islam yang terlihat dari akhlak-akhlaknya.

syaksiyah islamiyah adalah salah satu capaian dari muwashofat tarbiyah yaitu salimul akidah yang berkaitan dengan kepribadian islam yang berorientasi kepada Allah SWT.

apakah sampai detik ini kita sudah mencapai capaian tersebut?
atau bahkan kita yang mengaku aktivis dakwah tidak mencerminkannya/mengimplementasikannya dalam setiap momen kehidupan kita?

sungguh Allah lah yang Maha Melihat ikhwah.

berupaya dengan semaksimal mungkin agar fikrah yang murni ini akan diturunkan melalui amal-amal yang nyata dengan syaksiyah islamiyah yang full tercapai dari muwashofat tarbiyah tersebut.

untuk apa?

membumi kan Islam dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan risalah-risalahnya,
lantas bukankah kita yang membutuhkan dakwah akan keberlangsungan estafet dakwah ini?

sungguh ini adalah nikmat yang Allah berikan atas jual beli yang kita lakukan dengan Allah maka inilah kemenangan yang besar.


Saturday, January 12, 2013

Demi Islam yang mulia

Demi Islam yang mulia...

dan ketika mimpi ini hadir di setiap relung kehidupan, sungguh Allah akan mengujinya apapun itu dengan hal apapu itu. maka berbicara tentang mimpi, apa yang sudah kita persiapkan?

memahamkan kepada keluarga kita akan makna tarbiyah dan ummat ini? sungguh Allah yang akan menguatkan ketika keistiqomahan ini di uji di lahan dakwah yang penuh duri ini.

saudara yang sampai detik ini selalu memotivasi dengan "sindiran-sindiran nya bahkan di belakang"...
subhanallah, jazakillah khoir...

karena awan yang hitam pekat pun adalah keindahan bagiku

maka jangan di rasa ana akan bersedih dengan semua ini
maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan?

Sungguh Allah lah yang Maha Tahu akan isi hati setiap insannya. :)
karena optimis itu bukan datang dengan sendirinya, tp karena istiqomah yang Engkau berikan ya Rabb :)

Alhamdulillah