Skip to main content

Kalau kebaikan bisa menular, pun begitu dengan keburukan..

harus becarefull sama yg satu ini.

ya, kebaikan itu bisa menular, keburukanpun juga bisa nular.
ingat kisah penjual minyak wangi n minyak tanah?
pas kita deket sama penjual minyak wangi, kita ikut wangi
pas kita deket sama penjual minyak taha, kita ikut bau tanah #eh hhe

klo bicara penjagaan diri spy gak tertular sama keburukan, satu cara yg paling ampuh buat ngetamengin. dengan apa?

Tarbiyah dzatiyah

mau sekenceng apapun motivasi yang bapak/mamak/kakak/murabbi/murabbiyah kasi ke kita, yg paling bisa n tau sama upaya penjagaan diri kita ya dgn pembinaan diri kita sendiri.

ya kalau di depan umum kita terlihat baik-baik aja..
lantas klo di kamar sndirian apa yg kita lakuin?

wallahu alam

menyia-nyiakan waktukah?
membiasakan diri buat bermalas-malasankah?
tilawah ble-a ble-e?
shalat always ga tepat waktu?
atau yg tergawatnya, mmberanikan diri buka situs yg aneh-aneh?

atau dengan

waktu yg terus produktif dalam kebaikan?
always tertata urusannya?
tilawah always melebihi target yaumiah?
shalat ontime?
atau ngebuka situs yg full ilmu?

ya apapun itu cuma pembinaan diri yg bisa ngejawab
karena tadi, urusan diri kita ya pertanggungjawabannya n urusannya ke Sang Pencipta

tinggal pilih aja

mau menularkan kebaikan 
atau
mau menularkan keburukan


Comments

Popular posts from this blog

solo, kota ku sayang

Surakarta di kenal dengan kota Solo.

Surakarta dikenal sebagai salah satu inti kebudayaan Jawa karena secara tradisional merupakan salah satu pusat politik dan pengembangan tradisi Jawa. Kemakmuran wilayah ini sejak abad ke-19 mendorong berkembangnya berbagai literatur berbahasa Jawa, tarian, seni boga, busana, arsitektur, dan bermacam-macam ekspresi budaya lainnya. Orang mengetahui adanya "persaingan" kultural antara Surakarta dan Yogyakarta, sehingga melahirkan apa yang dikenal sebagai "gaya Surakarta" dan "gaya Yogyakarta" di bidang busana, gerak tarian, seni tatah kulit (wayang), pengolahan batik, gamelan, dan sebagainya.













SOLO is so cool :)

Persiapan Menjelang Ramadhan

┏🍂🍃●●━━━━━━━━━━━━┓
_Serial Ibadah_
┗━━━━━━━━━━━━●●🍂🍃┛

○○❁💦📚💦❁○○

بــــــــــــــسم اللّــــــــــــه الرّحمن الرّحيـــــــم


::: *5 Persiapan Hadapi Ramadhan* :::



Ramadhan sudah di depan mata. Salah besar jika kita menganggap persiapan menghadapi Ramadhan hanya seputar tiket mudik lebaran, bisnis kue, anggaran THR, dan remeh-temeh lainnya.


Justru ada 5 persiapan penting yang semestinya sudah kita lakukan sejak saat ini, agar Ramadhan nanti kita memanen pahala kebaikan, bukannya malah baru menanam benih kebaikannya:


1. Membayar lunas hutang puasa Ramadhan sebelumnya

Apakah kita banyak meninggalkan utang puasa di bulan Ramadhan tahun lalu? Entah karena sakit, berhalangan, hamil, atau menempuh perjalanan panjang. Sudahkah kita lunasi utang puasa tersebut?


2. Meminta maaf pada orang-orang yang pernah kita zalimi

Jangan minta maaf menjelang lebaran, justru sebelum Ramadhan kita perlu meminta keridhaan orangtua, sahabat, teman dekat, bahkan semua orang yang mungkin pernah kita zalimi.…

Mesjid Al Multazam Cherry Field

Ini kedua kalinya main ke mesjid Al multazam. MasyaAllah yaa bakal sebahagia ini. :))

Lokasi nya itu ada di dalem komplek Cherry field Ciganitri. Kamu bisa ngegugel pake maps buat detail lokasinya.

Mesjid ini di sadur dari Mesjid Kota Baru Parahyangan arsitek Ridwan Kamil. Lekuk lekuk + ornamennya mirip. Indah banget hehe.

Akhir akhir ini juga mulai sering kajian yg didadin disini. Ada Aa gym, ustadz Adi hidayat, kajian kemuslimahan bareng peggy melati, dll (masih banyak lagi).

Jadi inget pernah ada yang bilang gini,
"Mau mesjid nya deket, mau mesjid nya jauh. Tapi kalo hatinya terpaut, tetep disamperin"

Aku sih masih banyak males nya :(
Doain ya biar makin hari makin baik iman sama akhlaknya.. :)