Wednesday, November 13, 2013

Cara Allah Ngedidik kita..!

Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar (Al-Baqarah: 155)

klau kita ingat2 lagi tentang ayat ini, bgitu luar biasanya Allah ya.

FILTER

saringan yang Allah desain buat ngenyaring siapa2 dari hamba-Nya yang termasuk orang2 yang sabar. super!
hebat kan.. siapa dulu, Allah gitu lho. hehe
kalau skrg lagi diuji, berarti Allah sayang. lagi dikasi tiket VIP buat jadi orang2 yang mukhlis (ikhlas).

tinggal pilih aja,ambil tiket buat dididik jadi org yg sabar atau ...


katanya sih kembar. :3

kenal winda itu dari semester 1.
kata orang, kita kembar. padahal yo ga bgt dikatain kembar sama winda hehe. #canda
kita kembar, saudara seiman :)

bedanya winda itu ada tahi lalat di pipinya, choco chip

banyak yang bilang, kemana-mana ada winda pasti ada titin. begitupun sebaliknya. yg perlu digarisbawahi itu, kita kelihatan sering bareng ya karena ada agenda yg sama, kalau pas agenda pribadi ya tetap masing2. privacy. :)

semoga ga ada prasangka ya, siapapun itu, kapanpun itu, dimanapun itu.  eitss, di salah satu buku mantuba, "prasangka itu bagian dari ciri runtuhnya ruh". kata ustad taufiq yusuf.

jadi kita harus hati2 ni, mulai dari sekarang, termasuk saya sendiri. seneng banget setan ngasut kita ya, sampai cara sehalus mungkin yg dia lakuin ke manusia.

sampun nggih :D




Friday, November 8, 2013

Sekeping Warna Cinta

ingat hikmah yang disampein sama aa gym,
"kita terlalu fokus sama luka goresan pada tangan kita dan melupakan nikmat-nimat lainnya."

bener banget ya, Allah udah kasi kita banyak nikmat, tp sudahkah kita bersyukur hari ini?
astagfirullah :'(

Sekeping warna cinta yang Allah berikan, ialah ujian

pasti aja ujian itu hadir, untuk membuktikan masihkah kita bersabar dan bersyukur.bukankah Allah menjanjikan, setelah kesulitan ada kemudahan. dan itupun diulang hingga 2 kali bukan. ketika kesulitan itu hadir, bersyukurlah karena Allah lg kasi kesempatan buat kita, yaaa tiket VIP. khusus buat kita ya bisa jadi orang lain belum dapetin tiket itu.

jika saat ini ada hati-hati kita yang ternodai dengan segala bentuk niat yang "ngawur", wallahualam itu bagian ujian dari Allah. niatnya ingin bareng-bareng memperbaiki  diri, eh malah salah niat. niatnya pingin ngajak ke kebaikan, eh malah salah niat.


klau bicara soal mengajak ke kabaikan, inget sama film #HKS, "Bukankah setiap orang memiliki hak untuk mendapatkan kebaikan?"
siapapun itu, mau dia tukang becak, tukang bubur (ane hehe), orang kaya, pecandu, atau bahkan aktivis dakwah sekalipun.

pinter2 buat ngelola hati, ada yang ngerespon pakai respon yang baik atau sebaliknya. yang penting udah ngajakin.
kalau ketarik pakai respon yang baik, alhamdulillah...
kalau ketarik pakai respon yang ga baik, alhamdulillah (ketarik jg kan hehe)
kalau belum ketarik, alhamdulillah.. berarti kita masih di kasi tempat buat ngamal lebih banyak lgi. yang penting sabar diatas sabar.

eits kalau yang ini, kita kudu banyak2 bersyukur,
misal: ada pohon yg lg berbuah, buah yang paling deket (mudah dijangkau) udah matang, sama ada buah yang belum matang letaknya paling ujung plus susah dijangkau. mau ambil yang mana?

terkadang kita terlalu fokus sama yg susah dijangkau, padahal ada yang udah matang + mudah dijangkau tapi melupakannya.

banyak yang seneng di perhatikan, diingetin, dikangenin hehe di luar sana, dan yang pasti mereka merespon dengan respon yang jauh lebih baik, malah terlupakan. ane kayanya harus banyak istigfar ni (curcol).
ladang ya. :)

"bukan mata yang buta, tapi hati di dalam dada"

wallahu alam bishawab

Tabiat "gelap"

karena tabiatnya kegelapan itu bersembunyi di balik benda-benda,
ketika sang cahaya hadir menaungi ruang yang gelap, maka sudah pada porsinya sang kegelapan lenyap dengan seketika.

Al haq wal bathil


Saturday, November 2, 2013

Beda mata kanan dengan mata kiri ?


pertanyaan singkat dariku untuk dirinya eaaa, sohib ane.

Apa bedanya mata kanan dengan mata kiri?
~ yang satu di kanan, yang satu di kiri.
~ sama-sama buat ngeliat
~ tapi  ga bisa saling ngelirik






haha, boleh-boleh

ada sepenggal hikmah yang bisa diambil dari "mata".
mata setiap manusia didesain defaultnya sama dari segi bentuk (kaya cermin dibelah dua #pinang hhe)
tapi apa yang beda dari keduanya,
yup...
permisalan, kita suaaangggaatt ngejaga mata kita, di kasi Otem, di kasi THM supaya mata kita tetep sehat. tapi pas lagi berkendara, ada debu yang nemplok di mata yang kiri.
pedihnya luaarr biasa. nyampe2 di rumah diobati...
berulang lagi, n kena  lgi mata yang kiri,..

alhasil apa?
ada yang beda sm mata kita, dari segi 'jelasnya penglihatan'..

misal, mata kanan normal
mata kiri minus... ya tadi padahal perawatannnya sama. tapi ga tau juga hhe kena debu pas banget yang di kiri...

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

mata yang udah dijaga plus perawatan yang intens,
pas berkendara coba mulai care sama penutup transparannya, supaya apa?
supaya ga kena debu...

seberapa hebat penjagaan sodara2 yg sholih/sholihah, yg udah dilakuin ke kita,
seberapa besar pengorbanan para guru (murobbi) mendidik kita
seberapa luar biasanya jamaah ini membina kita
cuma satu yang paling berpengaruh sama sholih/sholihahnya diri kita

gimana kita bisa ngedidik diri kita pake rumus "Tarbiyah Dzatiyah"


ga ada yg ngejamin, ada disekitar orang yang menurut kita baik akhlaknya, ibadahnya, semuanya itu ga ngejamin kita jadi orang yg sholih bukan? tap bukan berdalih, yo wiss, gue bergaul deket banget sama org2 yg belum bener, kita flash back ke kisah penjual minyak wangi dan minyak tanah? tapi yo pancen oye, itu belum ngejamin...

banyak ujian yang Allah kasi, tapi apa kita sadar kalau kita lg di uji?

kaya perumapamaan mata kanan dgn mata kiri,
bisa jadi mata kanan sehat wal afiat, tapi mata kiri kita minusnya  lumayan tinggi
begitulah dalam bersaudara....
saudara kita ini memang luar biasa, la kita?

buka diri, kembangin potensi
menyadari... kalau Allah lagi mendidik kita dengan cara-Nya

kalau tadi kita bicara ttg penutup transparan di helm
ya semoga, mata kita keduanya ttep terjaga.

bukan cuma yang satunya aja yg sholih
tapi begitupun dgn yg lainnya

bukan cuma saudaranya aja yg mentarbiyah dzatiyah dirinya
tapi kitapun juga terus semangat utk mentarbiyah dzatiyah diri kita

wallahu alam