Saturday, November 2, 2013

Beda mata kanan dengan mata kiri ?


pertanyaan singkat dariku untuk dirinya eaaa, sohib ane.

Apa bedanya mata kanan dengan mata kiri?
~ yang satu di kanan, yang satu di kiri.
~ sama-sama buat ngeliat
~ tapi  ga bisa saling ngelirik






haha, boleh-boleh

ada sepenggal hikmah yang bisa diambil dari "mata".
mata setiap manusia didesain defaultnya sama dari segi bentuk (kaya cermin dibelah dua #pinang hhe)
tapi apa yang beda dari keduanya,
yup...
permisalan, kita suaaangggaatt ngejaga mata kita, di kasi Otem, di kasi THM supaya mata kita tetep sehat. tapi pas lagi berkendara, ada debu yang nemplok di mata yang kiri.
pedihnya luaarr biasa. nyampe2 di rumah diobati...
berulang lagi, n kena  lgi mata yang kiri,..

alhasil apa?
ada yang beda sm mata kita, dari segi 'jelasnya penglihatan'..

misal, mata kanan normal
mata kiri minus... ya tadi padahal perawatannnya sama. tapi ga tau juga hhe kena debu pas banget yang di kiri...

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

mata yang udah dijaga plus perawatan yang intens,
pas berkendara coba mulai care sama penutup transparannya, supaya apa?
supaya ga kena debu...

seberapa hebat penjagaan sodara2 yg sholih/sholihah, yg udah dilakuin ke kita,
seberapa besar pengorbanan para guru (murobbi) mendidik kita
seberapa luar biasanya jamaah ini membina kita
cuma satu yang paling berpengaruh sama sholih/sholihahnya diri kita

gimana kita bisa ngedidik diri kita pake rumus "Tarbiyah Dzatiyah"


ga ada yg ngejamin, ada disekitar orang yang menurut kita baik akhlaknya, ibadahnya, semuanya itu ga ngejamin kita jadi orang yg sholih bukan? tap bukan berdalih, yo wiss, gue bergaul deket banget sama org2 yg belum bener, kita flash back ke kisah penjual minyak wangi dan minyak tanah? tapi yo pancen oye, itu belum ngejamin...

banyak ujian yang Allah kasi, tapi apa kita sadar kalau kita lg di uji?

kaya perumapamaan mata kanan dgn mata kiri,
bisa jadi mata kanan sehat wal afiat, tapi mata kiri kita minusnya  lumayan tinggi
begitulah dalam bersaudara....
saudara kita ini memang luar biasa, la kita?

buka diri, kembangin potensi
menyadari... kalau Allah lagi mendidik kita dengan cara-Nya

kalau tadi kita bicara ttg penutup transparan di helm
ya semoga, mata kita keduanya ttep terjaga.

bukan cuma yang satunya aja yg sholih
tapi begitupun dgn yg lainnya

bukan cuma saudaranya aja yg mentarbiyah dzatiyah dirinya
tapi kitapun juga terus semangat utk mentarbiyah dzatiyah diri kita

wallahu alam

No comments:

Post a Comment

yuk comment