Skip to main content

Serajin Apa Kita Berlatih Menemukan Jalan Lain?

“Tidak ada di depan Musa kecuali lautan. Jalan sudah buntu. Pelarian tampak akan segera berakhir. Kematian sudah diujung tanduk. Firaun dan balanya kian mendekat. Itu yang dilihat, dirasakan, dan diyakini para pengikut Musa. Perseteruan melelahkan itu sekilas akan berkesudahan nestapa. Pembantaian Musa dan orang-orang beriman oleh firaun dan tentaranya begitu nyaris.
Tapi logika jalan lain bagi orang beriman selalu abadi, bahkan di momen paling mengancam sekalipun.
Orang beriman meyakini, ia hanya harus berusaha keras memperpanjang nafas, melindungi nyawa, lari dari kematian sejauh-jauhnya. Selebihnya adalah kerelaan pada takdir secara penuh, bahwa bila Allah memandang kita masih berguna dan diperlukan. Tapi bila kita sudah tak diperlukan, atau seri berikutnya dari tugas ini harus dilanjutkan orang lain, mungkin itu artinya jatah kita telah habis. Tapi dalam ketidaktahuan takdir itu, kita tetap harus memacu langkah, mencari jalan lain untuk setiap yang buntu.”
Sepenggal kalimat oleh Ahmad Zaifori AM dalam majalah Tarbawi
Benar adanya, orang-orang beriman, Allah berikan ‘azzam’ yang jika ia berada dalam kesusahan, ia terus bergerak dalam kesabaran mencari jalan lain. Seperti halnya Musa yang dikejar Firaun, tetap bergerak dan berkeyakinan bahwa Allah akan menurunkan pertolongan-Nya.
Jika hari ini kita berada dalam kesedihan, kesusahan, tekanan hidup dsb, pantaslah Allah bercerita dalam Al-Qur’an tentang sirah (sejarah) para nabi dan rasul agar kita dapat meneladaninya.
Dan pertanyaannya adalah... serajin apa kita berlatih menemukan jalan lain?




Comments

Popular posts from this blog

solo, kota ku sayang

Surakarta di kenal dengan kota Solo.

Surakarta dikenal sebagai salah satu inti kebudayaan Jawa karena secara tradisional merupakan salah satu pusat politik dan pengembangan tradisi Jawa. Kemakmuran wilayah ini sejak abad ke-19 mendorong berkembangnya berbagai literatur berbahasa Jawa, tarian, seni boga, busana, arsitektur, dan bermacam-macam ekspresi budaya lainnya. Orang mengetahui adanya "persaingan" kultural antara Surakarta dan Yogyakarta, sehingga melahirkan apa yang dikenal sebagai "gaya Surakarta" dan "gaya Yogyakarta" di bidang busana, gerak tarian, seni tatah kulit (wayang), pengolahan batik, gamelan, dan sebagainya.













SOLO is so cool :)

Persiapan Menjelang Ramadhan

┏πŸ‚πŸƒ●●━━━━━━━━━━━━┓
_Serial Ibadah_
┗━━━━━━━━━━━━●●πŸ‚πŸƒ┛

○○❁πŸ’¦πŸ“šπŸ’¦❁○○

Ψ¨Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ψ³Ω… Ψ§Ω„Ω„ّΩ€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω‡ Ψ§Ω„Ψ±ّΨ­Ω…Ω† Ψ§Ω„Ψ±ّΨ­ΩŠΩ€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω…


::: *5 Persiapan Hadapi Ramadhan* :::



Ramadhan sudah di depan mata. Salah besar jika kita menganggap persiapan menghadapi Ramadhan hanya seputar tiket mudik lebaran, bisnis kue, anggaran THR, dan remeh-temeh lainnya.


Justru ada 5 persiapan penting yang semestinya sudah kita lakukan sejak saat ini, agar Ramadhan nanti kita memanen pahala kebaikan, bukannya malah baru menanam benih kebaikannya:


1. Membayar lunas hutang puasa Ramadhan sebelumnya

Apakah kita banyak meninggalkan utang puasa di bulan Ramadhan tahun lalu? Entah karena sakit, berhalangan, hamil, atau menempuh perjalanan panjang. Sudahkah kita lunasi utang puasa tersebut?


2. Meminta maaf pada orang-orang yang pernah kita zalimi

Jangan minta maaf menjelang lebaran, justru sebelum Ramadhan kita perlu meminta keridhaan orangtua, sahabat, teman dekat, bahkan semua orang yang mungkin pernah kita zalimi.…

Mesjid Al Multazam Cherry Field

Ini kedua kalinya main ke mesjid Al multazam. MasyaAllah yaa bakal sebahagia ini. :))

Lokasi nya itu ada di dalem komplek Cherry field Ciganitri. Kamu bisa ngegugel pake maps buat detail lokasinya.

Mesjid ini di sadur dari Mesjid Kota Baru Parahyangan arsitek Ridwan Kamil. Lekuk lekuk + ornamennya mirip. Indah banget hehe.

Akhir akhir ini juga mulai sering kajian yg didadin disini. Ada Aa gym, ustadz Adi hidayat, kajian kemuslimahan bareng peggy melati, dll (masih banyak lagi).

Jadi inget pernah ada yang bilang gini,
"Mau mesjid nya deket, mau mesjid nya jauh. Tapi kalo hatinya terpaut, tetep disamperin"

Aku sih masih banyak males nya :(
Doain ya biar makin hari makin baik iman sama akhlaknya.. :)